Wednesday, January 28, 2009

Tom Yum Udang





HHmmm ini masakan favorite aku, dan sekarang anak anak sudah mulai bisa makan pedas jadi mereka juga mulai suka.

Di Kuala lumpur Tom Yum bisa ditemui dengan mudah, hampir disetiap restoran menyajikan masakan Thailand nan segar ini. Ada macam macam jenis Tom Yum disini. Aku gak tahu pasti apakah sudah disesuaikan dengan lidah Malaysia atau memang ada beragam jenis tom yum. Yang sering aku pesan sih ada 2 yaitu tom yum yang bening dan yang merah kental. Isi Tom yum sendiri juga macam macam. Ada Tom Yum campur, maksudnya isinya bisa campur campur antara seafood, sayuran dan ayam atau daging. Ada juga yang tom yum seafood saja, isinya cuma sayuran dan seafood, kerang, udang, ikan dan kepiting.

Kadang kadang juga kalo direstoran kita bisa pesan ikan kembung masak tom yum...

Bahan atau bumbu yang harus ada dalam tom yum ini adalah serai, daun jeruk dan daun ketumbar, paduan rasa dari ketiganya ditambah kecap ikan dan cabe yang pedas plus air jeruk nipis menciptakan aroma dan rasa yang segar...


Yang aku masak ini Tom yum udang saja dan bumbunya ala aku yaaa... mohon ma'af gak dicantumkan ukuran bahannya, semua serba kira kira dan cemplang cemplung....

TOM YUM UDANG

Bahan :

Udang
Jamur
serai
daun jeruk
bawang bombay
bawang putih
chili
daun ketumbar
kecap ikan
air jeruk nipis
garam


Cara memasak :

Iris halus serai
Iris tipis tipis bawang bombay dan bawang putih
sobek sobek daun jeruk, iris cabai
Masak air sampai mendidih dan masukkan serai,daun jeruk dan bawang serta cabai
Tambahkan jamur dan udang. Masukkan kecap ikan dan garam
Terakhir masukkan air jeruk nipis, hidangkan panas dan taburi dengan daun ketumbar.

Untuk menambah aroma boleh tambahkan irisan akar ketumbar.

Selamat menikmati.....

1 comment:

Jagungmanis said...

akhireee... aku bisa masuk jg... dari kmaren dodog2 pintu, gembokan terus. hehe pdhl dah bw mangkok buat icip2 tom yum.. hahaha

thanks ya,mbak...
smp ktemu d masbar buldep..